|

Soal & Pembahasan Bab I-III


GAMBARAN SOAL UTS BAB I - III

SOAL

 1.   1.  Sebutkan contoh contoh jurnal dipublikasikan tahun 2018-sekarang, dan pembahasanya pada tema-tema penelitian yang bisa digunakan pada saat penyusunan skeipsi nanti (masing-masing jurnal dicari minimal 3 buah jurnal, 1 tema cukup membahas 1 jurnal):

a.     Sistem informasi

b.     Sestem pendukung keputusan

c.     Sistem pakar

d.     Sistem game teknologi

e.     Sistem multimedia

f.      Sistem jaringan

    2.   Bagi mahasiswa yang memiliki 1 digit terakhir pada nim jika ganjil maka uraikan komponen-komponen yang dibutuhkan pada perancangan sistem informasi akademik berbasis web. Sedangkan mahasiswa yang memiliki 1 digit terakhir pada nim genap, maka uraikan komponen-komponen yang dibutuhkan pada perancangan sistem informasi penjualan produk berbasis android (contoh data-data yang digunakan dan sebutkan juga informasi-informasi yang dihasilkan pada perancangan sistem)

    3.     Jelaskan alat-alat dan Teknik Teknik yang bisa digunakan di dalam pengembangan sistem

    4.     Bagi mahasiswa yang 1 digit terakhir nim genap maka uraikanlah proyek proyek sistem yang bisa dikembangkan dalam suatu perusahaan , minimal 10 proyek sistem yang bisa dirancang

    5.     Uraian

a.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebijakan dan sebutkan hal-hal apa saja yang perlu di rencanakan di dalam perencanaan sistem!

b.     Sebutkan Langkah-langkah di dalam perencanaan da jelaskan apa yang dimaksud dengan proyek sistem!

c.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan studi kelayakan serta jelaskan faktor-faktor yang perlu diperhatikan di dalam studi kelayakan tersebut!


JAWABAN

    1.     JURNAL SISTEM INFORMASI

1)    RANCANG BANGUN SISTEM PETERNAK AYAM PADA INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI SINAR MULYA MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC

2)    RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE PSYCOLOGICAL APPRAISAL (STUDIKASUS :KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DKI JAKARTA)

3)    RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SPASIAL PERSEBARAN PETERNAKAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KOTA DEPOK)

Judul

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SPASIAL PERSEBARAN PETERNAKAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KOTA DEPOK)

 

Penulis

Ade Bastian, Tri Ferga Prasetyo, Nia Kurniati

 

Tahun

2017

Resume

Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Koperasi sinar mulya merupakan koperasi kecil yang anggotanya pengusaha kecil rumahan yang sudah berdiri hampir 10 tahun lebih, koperasi ini inisiatif dari usaha - usaha kecil yang ingin punya perkumpulan atau naungan tempat berbagi pengalaman antar pengusaha yang bergerak pada bidang peternakan ayam dalam manajemen penyimpanan datanya masih belum terorganisir atau masih menggunakan media konvensional seperti buku, baik buku untuk data nama peternak, data obat, data ransum (pakan), ataupun data ayam. Oleh karena itu, dengan aplikasi ini diharapkan mampu mengatasi kendala yang dialami dalam memperoleh informasi dari hasil mengelola data ternak ayam dalam memperbaiki bidang pengolahan data ayam, stok ayam, usia ayam, data pakan, data obat dan data peternak. Bahasa pemograman yang digunakan Microsoft Visual Basic.Net 2010:

1.     Proses sistem informasi penyimpanan data peternak dan data ayam di Koperasi Sinar Mulya berjalan dengan baik karena dapat dilakukan secara terkomputerisasi dengan sebuah aplikasi sistem informasi manajemen peternak ayam.

2.     Proses pencatatan dan keamanan data dapat dilakukan dengan baik dan terjaga serta terpelihara.

3.     Diharapkan keberadaan aplikasi sistem informasi manajemen peternak ayam ini dapat membantu petugas dalam penyimpanan data snggota – anggotanya.

4.     Hasil pengolahan data pada aplikasi ini berupa laporan analisis keuntungan.

5.     Proses sistem informasi yang digunakan saat ini secara manual dan sekarang sudah terkompurisasi dengan adanya aplikasi sistem manajemen peternak ayam.

 

Jurnal ini adalah gambaran tentang bagaimana suatu sistem dapat membantu & mengefisiensikan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 

 

JURNAL GAME TEKNOLOGI

1)    FENOMENA GAME ONLINE DAN PEMBARUAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA BARU

2)    PENERAPAN GAME DESIGN DOCUMENT DALAM PERANCANGAN GAME EDUKASI YANG INTERAKTIF UNTUK MENARIK MINAT SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS

3)    GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID: URGENSI PENGGUNAAN, PENGEMBANGAN DAN PENGUJI KELAYAKAN

Judul

GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID: URGENSI PENGGUNAAN, PENGEMBANGAN DAN PENGUJI KELAYAKAN

 

Penulis

Kurnia Muhajarah, Farida Rachmawati

 

Tahun

2019

Resume

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah mampu mengemas kondisi dan realitas pembelajaran menjadi lebih menarik. Game edukasi merupakan permainan atau aktivitas menyenangkan yang memuat konten pendidikan dan penggunaanya, merupakan sebuah keniscayaan Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data digali dan dianalisis secara mendalam menggunakan teori kualitatifnya bogdan dan Cresswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan daya serap masing-masing peserta didik dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pengalaman belajar, modus, modalitas dan gaya belajarnya. Adanya perbedaan mengenai akan hal ini, bisa diakomodir dengan penggunaan game edukasi sebagai media pembelajaran. Penggunaan game edukasi ini tidak bertentangan dengan teori behaviorime dan kogntivisme. Di lain sisi, penggunaan game edukasi berbasis android, berfungsi untuk memudahkan peserta didik dalam pengoperasian dan penggunaannya. Namun demikian, karena kemudahannya, penggunaan game edukasi harus diujilayakkan dahulu melalui instrumen yang ketat oleh para ahli untuk dapat memenuhi standar edar, uji konten dan memaksimalisasi pemanfaatannya.

1)    kemampuan daya serap masing-masing peserta didik dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pengalaman belajar, modus, modalitas dan gaya belajarnya. Adanya perbedaan mengenai akan hal ini, bisa diakomodir dengan penggunaan game edukasi sebagai media pembelajaran. Penggunaan game edukasi ini tidak bertentangan dengan teori behaviorime dan kogntivisme;

2)     penggunaan game edukasi berbasis android, berfungsi untuk memudahkan peserta didik dalam pengoperasian dan penggunaannya. Namun demikian, karena kemudahannya, penggunaan game edukasi harus diujilayakkan dahulu melalui instrumen yang ketat oleh para ahli untuk dapat memenuhi standar edar, uji konten dan memaksimalisasi pemanfaatannya. Saran penulis adalah perlu adanya kolaborasi diantara ahli Pendidikan, ahli IT, ahli Edu-Tech dalam pembuatan game edukatif, sekaligus ujian kontennya. Kolaborasi para ahli, akan membantu peserta didik dalam pembelajarannya.

Jurnal ini adalah gambaran tentang bagaimana game edukasi juga dapat menjadi pilihan bagi anak-anak, karena dengan adanya game edukasi, akan memudahkan anak-anak untuk belajar dengan cara yang menghibur & mudah.

 

 

JURNAL SISTEM JARINGAN

1)    PENGEMBANGAN SISTEMINFORMASI JARINGAN BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA PT. SINAR ANTJOL

2)    PENGEMBANGAN SISTEM JARINGAN MENGGUNAKAN LOCAL AREA NETWORK UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN (STUDI KASUS DI PT. ARS SOLUSI UTAMA)

3)    RANCANG BANGUN SISTEM JARINGAN MENGGUNAKAN LINUX SABILY PADA LABORATURIUM AKADEMI ILMU KOMPUTER (AIKOM) TERNATE

Judul

Pengembangan Sistem Jaringan Menggunakan Local Area Network Untuk Meningkatkan Pelayanan ( Studi Kasus di PT. ARS Solusi Utama )

 

Penulis

Nur Kumala Dewi, Arman Syah Putra

 

Tahun

2021

Resume

Di era reformasi saat ini, kebutuhan akan informasi merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam dunia bisnis dan pendidikan. Oleh karena itu, penerapan teknologi jaringan Local Area Network merupakan salah satu solusi yang tepat dalam pertukaran informasi, baik di lingkungan internal maupun eksternal sebuah organisasi. Dengan penulisan ilmiah ini. Salah satu teknologi yang dapat mengolah informasi dengan cepat, akurat dan dapat menjangkau semua belahan dunia adalah menggunakan jaringan. Melalui jaringan perusahaan dapat mengirim kan data atau mengambil data dari satu bagian ke bagian lain dengan cepat dan tanpa harus pergi ke bagian tersebut. Berdasarkan situasi tersebut, penulis tertarik untuk membuat sistem jaringan local area network media informasi dengan menghubungkan ke database. Pembuatan jaringan ini di buat untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan di PT. ARS Solusi Utama. Maksud dari pengembangan sistem jaringan ini adalah untuk membuat sebuah program jaringan Local Area Network media informasi yang di harapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dalam memperoleh informasi tentang. Local Area Network yang penulis buat dapat berguna bagi PT. ARS Solusi Utama yang ingin tahu akan informas dan meningkatkan

Di era milenial saat ini, kebutuhan akan informasi merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam dunia pendidikan. oleh karena itu, jaringan komputer memegang peranan penting dalam pertukaran informasi. Pada saat ini PT. ARS Solusi Utama dalam mendapatkan informasi masih menggunakan data manual atau masih kertas dan bagian satu dengan bagian lain belum terhubung. Spesifikasi komputer yang masih digunakan masih sangat minim sehingga sangat lambat dalam proses kerja. Dengan dibangunnya jaringan LAN pada ruang lingkup PT. ARS Solusi Utama, maka karyawan dapat dengan mudah mengakses data dengan menggunakan komputer masing-masing. Penulis ingin memberikan saran kepada PT. ARS Solusi Utama agar dalam penyediaan hardware dan software bisa lebih diperhatikan lagi, karena hal ini dapat membantu proses kerja komputer dan membantu pihak selanjutnya dalam peningkatan jaringan tersebut. Selain itu, penulis juga ingin memberikan saran kepada PT. ARS Solusi Utama untuk memahami hal-hal yang berkenaan dengan aplikasi Windows.

 

                       

JURNAL SISTEM MULTIMEDIA

1)    APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA PENGENALAN MONUMEN YOGYA KEMBALI YOGYAKARTA

2)    PENGEMBANGAN SISTEM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IQRO’ MENGGUNAKAN METODE LUTHER

3)    PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

Judul

Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbasis Multimedia

 

Penulis

Suryanto, Sunda Ariana & Syahril Rizal

 

Tahun

2020

Resume

Saat ini perkembangan teknologi informasi memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan pembelajaran sistem, salah satunya adalah teknologi dalam bidang multimedia. Teknologi multimedia adalah alat yang sangat diperlukan untuk proses belajar. Penggunaan teks, gambar, audio, video, dan animasi dalam pembelajaran membantu siswa dengan cepat memahami materi pelajaran. Multimedia juga memberikan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. AMIK AKMI Baturaja merupakan perguruan tinggi komputer yang belum dimanfaatkan secara maksimal teknologi informasi dalam pembelajarannya, khususnya dalam bidang Multimedia. Untuk itulah peneliti melakukan penelitian ini untuk pengembangan pembelajaran di Kampus AMIK AKMI Baturaja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan a media pembelajaran berbasis multimedia di AMIK AKMI Baturaja yang dapat menjadi pendorong belajar siswa prestasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka, observasi, kuesioner, dan wawancara. Metode pengembangan media menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept (analisis kebutuhan), design (desain), pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi. . itu Hasil dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran berbasis multimedia yang disajikan dalam bentuk e-learning. media ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa.

           

JURNAL SISTEM PAKAR

1)    SISTEM PAKAR BERBASIS WEB DAN MOBILE WEB UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT DARAH PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INFERENSI FORWARD CHAINING

2)    SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KULIT MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB

3)    SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KEDELAI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB

Judul

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web

 

Penulis

Amilia Trianasari, S.KOM, MM1 ,Nanang H, ST, M.T.I2

 

Tahun

2018

Resume

Puskesmas merupakan salah satu tempat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Puskesmas setiap harinya selalu mencatat dan mengelola data pasien yang berobat dan memberikan suatu pelayanan konsultasi pasien dengan dokter spesialis. Namun, dalam konsultasi di puskesmas masih dirasa kurang baik, karena pencatatan yang manual sehingga menghambat waktu dalam memberikan pelayanan untuk berobat dan konsultasi. Fasilitas dipuskesmas juga memberikan peluang pasien untuk konsultasi penyakit kulit, namun hal ini dirasa kurang efektif, danmemakan waktu banyak sedangkan banyak pasien yang ingin berobat untuk segera diperiksa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diberikan solusi dengan dibangunnya suatu Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit menggunakan Metode Forward Chaining. Dimana sistem ini diharapkan dapat membantu dalam penanganan konsultasi pasien dan tidak menganggu waktu pasien yang antri berobat untuk segera ditangani dokter. Konsultasi untuk pasien disediakan untuk memberi peluang pasien agar dapat membantu mengenal dan mengatasi suatu gejala penyakit tanpa harus datang ke puskesmas untuk mengantri dan dapat mencegah gejala penyakit tersebut secara cepat.

implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit menggunakan Metode Forward Chaining adalah sebagai berikut :

1. Secara umum Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit berhasil diimplementaskan menggunakan Metode Forward Chaining dengan bahasa pemrograman PHP.

2. Sistem Pakar dapat berfungsi dengan baik dalam memberikan konsultasi penyakit kulit, memberikan informasi tentang penyakit, gejala dan solusinya.

3. Hasil output sistem pakar sudah sesuai dengan kebutuhan pasien saat berkonsultasi.

Saran yang dapat diberikan dalam pengembangan Sistem Pakar ini adalah :

1. Dalam Sistem ini akan lebih baik apabila diberikan forum dimana user (pasien) dapat chat dengan dokter apabila ada beberapa hal yang ingin ditanyakan soal konsultasi.

2. Sistem Pakar harus selalu di update jika ada penyakit baru yang ditemukan, agar pasien dapat update penyakit jika berkonsultasi.

 

JURNAL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

·       SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANHG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB

·       SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PELANGGAN TERBAIK DAN PEMBERIAN DISKON MENGGUNAKAN METODE SAW & TOPSIS

·       SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN COVID 19 MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)(STUDI KASUS: DESA SUNDAWENANG)

Judul

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PELANGGAN

TERBAIK DAN PEMBERIAN DISKON MENGGUNAKAN METODE SAW & TOPSIS

 

Penulis

Taufik Kurnialensya, Rohmad Abidin

 

Tahun

2020

Resume

Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem informasi yang interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan dan manipulasi data. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan secara semi terstruktur situasi dan situasi yang tidak terstruktur. Sebagai akibat dari target tahunan perusahaan juga masih sulit dicapai dikhawatirkan jika konsumen berpindah ke perusahaan lain yang mungkin memiliki produk sejenis dengan harga lebih murah. Oleh karena itu, promosi strategi harus diperbarui dalam bentuk diskon atau khusus diskon untuk konsumen dengan jumlah pembelian terbanyak di tahun. Berdasarkan permasalahan yang ada, pelanggan tahunan dibuat program sistem informasi pendukung keputusan dan diskon diberikan melalui rekapitulasi jumlah konsumen pembelian dalam setahun. Untuk metode perhitungannya sendiri menggunakan Metode SAW sebagai pendukung pemilihan customer terbaik keputusan dan TOPSIS sebagai pendukung keputusan memberikan diskon. Dari hasil penelitian dihasilkan: dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dapat digunakan untuk membantu perusahaan memilih pelanggan terbaik dan menentukan diskon secara valid, aplikasi yang telah dibuat dapat digunakan sebagai alat untuk pengambil keputusan dengan tetap berpijak pada cara yang lebih efektif sistem pendukung keputusan dalam memilih pelanggan terbaik dan penentuan diskon menggunakan metode SAW (Simple Additive Weightning) dan Topsis (Teknik Preferensi Pesanan oleh Kemiripan dengan Solusi Ideal).

A.    Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dapat digunakan untuk membantu pihak Perusahaan untuk memilih pelanggan terbaik dan penentuan diskon secara valid.

B.    Aplikasi yang telah dibuat dapat digunakan sebagai alat bantu bagi pengambil keputusan dengan tetap berbasis pada sistem pendukung keputusan lebih efektif dalam pemilihan pelanggan terbaik dan penentuan diskon menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dan Topsis (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution.

 

 

 

 

    2.     Data – data uang dibutuhkan pada sistem informasi penjualan produk berbasis android ialah:

a. Hardware

1) Input

keyboard, mouse, scanner

2) Proses

CPU, RAM, VGA

3) Output

Monitor, printer

b. Software

1) Bahasa Pemrograman

HTML, Javascript,CSS,PHP

2) HTTP, URL, DNS,Web Server, Web Browser

c. Prosedur

1. Pengumpulan Tugas di E-Learning

Gambaran sistem :

a) Login akun dan masukkan User name dan Password

b) Pilih Course

c) Pilih room Tugas

d) Klik tambahkan tugas

e) pilih masukkan tugas

f) ketik nama file

g) simpan tugas

2. Pengunduhan materi course di E-Learning

a) Login akun dan masukkan User name dan Password

b) Pilih course

c) Pilih materi course

d) Klik materi course dan otomatis materi di unduh

3) Pemilihan Course di E-Learning

a) Login akun dan masukkan User name dan Password

b) Pilih course lainnya

c) Pilih fakultas

d) Pilih jurusan

e) Pilih course

f) Masukkan kunci (kalau ada kunci)

g) Klik daftar

4) Pengisian KRS di Simaku

a) Login akun dan masukkan User name dan Password

b) Pilih menu KRS

c) Pilih Mata Kuliah

d) Setelah itu kunci mata kuliah

e) Cek di menu SKS jika ada berarti sudah tersimpan

 

    3.     Alat-alat pemodelan dalam pengembangan sistem

1.     Sistem Flowchart, Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

2.     Sistem Diagram | Flowmap, Flowmap adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.

3.     Data Flowdiagram(DFD), Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD sangat mirip dengan Flowchart.

Teknik-teknik dalam pengembangan sistem:

1.     Teknik Analisis Biaya, Cost Benefit Analysis atau analisis biaya manfaat adalah pendekatan untuk rekomendasi kebijakan yang memungkinkan analisis membandingkan dan menganjurkan suatu kebijakan dengan cara menghitung total biaya dalam bentuk uang dan total keuntungan dalam bentuk uang.

2.     Teknik Analisis Penjadwalan Proyek, proyek system adalah pengembangan sebuah system informasi dalam suatu organisasi.

3.     Teknik pengumpulan data,

a.     Angket, Angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk menggali data sesuai dengan permasalahan penelitian.

b.     Teknik Observasi, Dalam pelaksanaan observasi, peneliti bukan hanya sekedar mencatat, tetapi juga harus mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penilaian ke dalam suatu skala bertingkat.

c.     Teknik Interview, Wawancara merupakan proses komunikasi yang sangat menentukan dalam proses penelitian. Dengan wawancara data yang diperoleh akan lebih mendalam, karena mampu menggali pemikiran atau pendapat secara detail.

 

    4.     Proyek sistem perusahaan

1)    Sistem Informasi Kontraktor

2)    Sistem Informasi Pengujian produk Berbasis Web

3)    Tingkat kegagalan dan keberhasilan proyek sistem informasi di indonesia

4)    Penerapan metode waterfall dalam perancangan sistem informasi pengawasan proyek berbasis web

5)    Perencanaan manajemen proyek dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas sumber daya perusahaan

6)    Penerapan pendekatan metode six sigma dalam penjagaan kualitas pada proyek konstruksi

7)    Pembangunan sistem manajemen proyek pada perusahaan konstruksi bangunan berbasis website

8)    Manajemen keuangan perusahaan

9)    Penerapan sistem manajemen mutu iso 9001:2008 di perusahaan konstruksi

10) Rancang bangun sistem informasi rencana anggaran biaya (rab) perusahaan berbasis web pada pt. Bumitangerang mesin dotama.

    5.     Uraian

a.     Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak . Secara teoretis dapat dipahami bahwa sebuah perencanaan melalui 4 (empat) tahapan yaitu menetapkan tujuan, membuat rencana tindakan, mengevaluasi kemajuan, dan menilai kinerja secara keseluruhan.

Tahapan Pengembangan Sistem Informasi. Sebuah pengembangan sistem informasi terdiri atas enam tahapan penting, yakni survei sistem, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan perubahan dan pemeliharaan.

b.     Proyek Sistem Informasi : Adalah proyek yang berhubungan perangkat lunak/Sistem informasi dalam suatu sistem komputer.

c.     Studi kelayakan adalah sebuah penilaian mengenai kelayakan dari suatu proyek yang akan dikerjakan. Studi kelayakan bertujuan untuk mengetahui secara obyektif dan rasional, keunggulan dan kelemahan dari hal yang sudah ada dan proyek yang akan dikerjakan, serta dampaknya terhadap lingkungan hidup, sumber daya yang diperlukan, dan pada akhirnya prospek dari proyek tersebut. Secara sederhana, dua kriteria untuk menilai kelayakan adalah biaya yang diperlukan dan nilai yang didapat.

Faktor dalam study kelayakan:

1)    Kelayakan Teknik

2)    Kelayakan operasi

3)    Kelayakan jadwal

4)    Kelayakan ekonomi

5)     Kelayakan hukum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages